MAKALAH AGAMA : Shalat dan azab bagi yang meninggalkannya

Tugas Pendidikan Agama Islam

SHALAT DAN AZAB BAGI YANG MENINGGALKANNYA

Di susun
 oleh:

AGUS NAWAN
1211102010005










KOORDINATORAT KELAUTAN DAN PERIKANAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
DARUSSALAM,BANDA ACEH
2013






1. LATAR BELAKANG
                Shalat adalah suatu kewajiban yang harus di tunaikan dan di laksanakan oleh seorang muslim atau oleh umat islam. Namun diantara sekian banyaknya umat islam yang ada di muka bumi ALLAH masih sangat sedikit yang  menunaikan dan melaksanakan yang  di perintahkan oleh ALLAH SWT yaitu shalat lima waktu, diantaranya, shlat shubuh, shalat  dzuhur, shalat ashar, shalat mghrib dan shalat isya’.
                Setiap manusia yang diciptakan Allah Ta’ala di muka bumi ini dituntut untuk beriman kepadaNya dan mempunyai satu kewajiban yang paling utama dalam ibadah adalah Sholat. Kelak di akhirat, amalan yang pertama kali akan diperhitungkan adalah Sholat dan Sholat juga yang akan menentukan tempat manusia ini akan berakhir, Jahannam atau Surga. Bukankah jin dan manusia diciptakan hanya untuk sujud menyembah kepada sang Khalik… Sholat pula yang membedakan antara orang yang mu’min (beriman) dan kafir (ingkar) kepada Allah Ta’ala. Maksud saya ingin membuat tulisan ini adalah mengajak kepada semua umat islam untuk melaksanakan shalat agar kita terhindar dari pedihnya siksaan ALLAH SWT.
               
               













2. TINJAUAN PUSTAKA
ALLAH SWT berfirman dalam surah AL-Bqarah “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu”. (QS Al-Baqarah ayat 45)
                ALLAH SWT berfirman dalam suarah AL-Baqarah “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak  mereka bersedih hati”. (QS Al-Baqarah ayat 227)
                ALLAH SWT berfirman dalam surah An-Nisak”Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka . Dan apabila mereka berdiri untuk sholat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali” . (QS An-Nisa’ ayat142)
                ALLAH SWT berfirman dalam surah An-Nisa  "Sesungguhnya yang petama kali akan dihisab atas seorang hamba pada hari kiamat adalah perkara shalat. Jika Shalatnya baik, maka baikpula seluruh amalan ibadah lainnya, kemudian semua amalannya akan dihitung atas hal itu."(HR. An Nisa' ayat 463).













3. MASALAH
1 . Mengapa masih sangat banyak diantara umat islam yang meninggalkan shalat .
2.  Shalat akan membawa kita kepada hati yang damai.
3. Azab sangat pedih bagi orang yang meninggalkan shalat
     4. PEMBAHASAN
1. Kita sering meninggalkan shalat karena kelalaian kita baik dengan pekerjaan maupun yang lain.
Barang siapa yang meninggalkan mengerjakan shalat dari waktunya, karena sibuk dengan urusan harta bendanya, seperti jual beli, aktivitas kekaryaannya atau kesibukkan oleh anaknya, maka ia termasuk orang-orang yang merugi. Ketika meraka sedang sibuk dengan aktifitasnya mereka sama sekali tidak memperhatikan kewajibannya sebagai orang muslim kepada Allah SWT yakni melaksanakan shalat ketika waktu telah tiba, meraka asyik dengan keperluan terhadap dunia.
Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda :”Sesuatu yang pertama kali dihisab bagi seorang hamba pada hari kiamat dari amalnya ialah Shalat, jika shalatnya baik, maka ia sungguh beruntung dan selamat, jika shalatnya kurang maka ia sungguh menyesal dan merugi.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman (artinya) :“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS. Al-Ma'un : 4-5)
Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : ”Mereka itu adalah orang-orang yang mengakhirkan shalat dari waktunya.”
Ahmad meriwayatkan dengan sanad yang baik, Thabrani dan Ibnu Hibban meriwayatkan di dalam kitab Sahihnya, sesungguhnya pada suatu hari Rasulullah menjelaskan tentang shalat, lalu beliau bersabda :”Barang siapa yang memelihara shalat, maka shalat itu menjadi cahaya dan bukti serta keselamatan baginya pada hari kiamat. Sementara barang siapa yang tidak memelihara shalat, maka ia tidak memiliki cahaya, bukti dan tidak pula keselamatan, bahkan pada hari kiamat ia dikumpulkan bersama Karun, Fir’aun, Haman dan Ubai bin Khalaf."
Abu Na’im meriwayatkan :”Barang siapa yang meninggalkan shalat dengan sengaja, maka Allah menulis namanya pada pintu neraka sebagai orang yang akan masuk ke dalamnya."
2. Shalat akan membawa kita kepada hati yang damai.
Dengan kita sering melaksanakan shalat 5 waktu seperti yang di perintahkan oleh ALLAH SWT maka hati kita akan selalu damai, dan kita akan selalu teringat kepada ALLAH dan kepada orang yang sangat beliau cintai yaitu RASULULLAH NABI MUHAMMAD SAW. Selain yang telah saya sebutkan di atas, dengan adanya kita melaksanakan shalat maka semua pekerjaan dan semua masalah  kita INSYA ALLAH akan terlesesaikan dengan apa yang kita harapkan. Jika kita sering melaksanakan shalat maka muka kita akan selalu berseri dan cerah karena muka kita selalu di basahi dengan wudhu dan kita akan jauh dari perbutan-perbuatan yang di murka oleh ALLAH SWTdan kita akan jauh dari syaitan yang terkutuk.
2. Azab jika kita tidak melaksanakan shalat.
1. 6 siksaan yang ditimpakan di dunia bagi yang meninggalkan shalat fardhu ialah :
    1. Dicabut keberkahan umurnya,
    2. Tanda-tanda keshalehan dihapus dari wajahnya,
    3. Setiap amal yang dilakukannya tidak diberi pahala oleh Allah,
    4. Do’anya tidak dinaikkan, Tidak dapat menembus ke langit,
    5. Segala balasan yang jahat dari Allah tidak akan di tunda,
    6. Tidak mendapatkan bagian dari do’anya orang-orang shaleh.

 2. 3 siksaan yang ditimpakan pada saat kematian ialah :
     1. Dia mati dalam keadaan hina,
     2 .Mati dalam keadaan lapar,
     3. Mati dalam keadaan kehausan, Seandainya dia diberi minum air laut yang ada di dunia,       kehausannya belumlah sirna.
3.Adapun 3 siksaan di dalam kubur ialah :
     1. Liang kuburnya menjadi meyempit dan menghimpit hingga tulang-tulang rusuknya terpatah-patah,
    2.Api dinyalakan di dalam kuburnya sehingga ia menjadi terpanggang bergelimpangan siang dan malam,
   3. Dia dililit ular besar di dalam kuburnya yang bernama Syujja’ul Aqra’, Kedua matanya dari api, Kuku-kukunya dari besi, Panjang dari setiap kukunya sepanjang perjalanan sehari.


                Ia berkata kepada si mayit, Aku adalah Syujja’ul Aqra’, suaranya seperti petir yang menyambar-nyambar. Ia berkata, Aku diperintahkan Tuhanku untuk memukul kamu, karena kamu menyia-nyiakan shalat Shubuh hingga matahari terbit dan aku juga memukulimu karena kamu menyia-nyiakan shalat Ashar hingga datang waktu maghrib. Aku memukul kamu karena kamu menyia-nyiakan shalat Maghrib hingga datang waktu Isya’ dan aku juga memukul kamu karena menyia-nyiakan shalat Isya’ hingga datang waktu shalat fajar.
Ketika ular itu memukulnya sekali pukulan, ia terbenam ke dalam bumi tujuh puluh dzira’. Dia selalu disiksa di dalam kubur tanpa pernah berhenti, hingga datang hari kiamat.

 4. Sedangkan 3 siksaan ketika dibangkitkan dari kubur ialah :
     1. Dia mendapatkan hisab yang sangat berat di mauqif(tempat meghimpun manusia pada hari   kiamat untuk menunggu hisab),
     2. Kemurkaan Tuhan dan
     3. Masuk ke dalam neraka. Na'udzu billahi min dzalik.
             Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala senantiasa menganugerahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua, dan semoga kita mampu memelihara shalat dengan baik, sehingga kita mendapatkan balasan surga di sisi Allah 'Azza wa jalla. Aamiin
5. KESIMPULAN
1. Jangan sekali-kali kita meninggalkan shalat karena kita akan lupa terhadap ALLAH SWT.
2. Jika kita meninggalkan shalat dengan sengaja maka kita akan mendapat azab dari dunia hingga ke akhirat kelak
3. Yang pertama kali di hisab oleh ALLAH di akhirat kelak yaitu perkara shalat. Maka dari itu kita jangan meninggalkan shalat.
4. Dengan adanya kita shalat hati kita akan damai, dan kita akan selalu senantiasa mengingat ALLAH dan RASULULLAH SAW.
5. Bagi orang yang tidak lupa melakukan shalat niscaya dia akan bersama orang-orang muslim di dalam syurganya ALLAH.
6. Dengan adanya kita shalat maka pekerjaan dan masalah kita akan teratasi dengan apa yang kita harapkan.

DAFTAR PUSTAKA
AL-QUR’AN. Surah AL-BAQARAH.
AL-QUR’AN.Surah AN-NISA’.
AL-QUR’AN. Surah AL-MA’UN.
Kumpulan Hadist danRiwayat. PUSTAKA HIDAYAH,JAKARTA.


No comments:

Post a Comment

Laporan Praktikum Kebiasaan Makan Ikan

BAB I PENDAHULUAN 1.1   Latar Belakang Kebiasaan makanan ( food habits ) adalah kualitas dan kuantitas makanan yang dimakan oleh i...